KPK Didesak Segera Memproses Hukum Azis Syamsuddin

KPK Didesak Segera Memproses Hukum Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin/Net

KATTA - Sekjen Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR) Yosef Sampurna Nggarang mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera memproses Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yang namanya disebut-sebut dalam kasus dugaan suap kepada penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan peran Azis diduga sangat besar memfasilitasi pertemuan antara Walikota Tanjung Balai M. Syahrial dengan penyidik Stepanus Pattuju di rumah dinas wakil ketua DPR.

"Memfasilitasi pertemuan oleh Azis merupakan bagian dari rangkaian penyuapan terhadap penyidik KPK," kata Yosef kepada redaksi, Sabtu (25/4/2021).

Selain itu Yos mengatakan, desakan kepada KPK untuk segera memproses Azis Syamsuddin juga karena nama politisi Golkar ini sering disebut terlibat dalam kasus lainnya, diantaranya kasus red notice buronan Djoko Djandra, dugaan suap  DAK Lampung Tengah tahun 2017, dan proyek Simulator SIM. Kemudian, nama Azis juga muncul di dokumen pengeluaran Grup Permai dalam kasus Muhamad Nazzarudin.

Meski sering disebut-sebut terlibat dalam berbagai kasus besar, Azis selalu selamat dari jeratan hukum. Karena itu KPK di bawah pimpinan Firli diminta Yos bergerak cepat untuk segera memproses kasus dugaan suap dan diharapkan KPK tidak pandang bulu mengingat posisi Azis sebagai wakil ketua DPR dari partai Golkar yang adalah salah satu partai pendukung pemerintah.

"Selain itu, disebutnya nama Azis di beberapa kasus mencoreng nama baik lembaga terhormat DPR dan tentunya akan membuat publik semakin tidak percaya terhadap lembaga ini. Bagaimana bisa menyelesaikan persoalan-persoalan publik  jika anggota atau pimpinan DPR berkutat dengan persoalan-persoalan hukum yang merugikan publik?

Yos juga mendesak agar Ketum Golkar Airlangga Hartanto untuk segera mencopot Azis dari wakil ketua DPR supaya tidak menjadi beban pemerintahan Jokowi dan beban partai. Partai Golkar jangan mendudukan  kader yang bermasalah untuk sebuah posisi penting di Lembaga DPR. Partai perlu mendorong agar Azis fokus menjalani semua proses rangkaian hukum di KPK ke depan.

"Mencopot Azis adalah sebuah keharusan dan menguji komitmen Partai Golkar untuk menjaga marwah lembaga DPR dan menjaga daulat hukum serta mendukung upaya pemberantasan korupsi oleh pemerintahan Jokowi," demikian kata Yosef Sampurna Nggarang.[]

Top