Di Pelantikan IWO Muba

Dodi Reza: Junjung Tinggi Keadaban Digital

Dodi Reza: Junjung Tinggi Keadaban Digital
Foto/KATTA

KATTA - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin menghadiri langsung pelantikan pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Muba.

Pengukuhan pengurus dilakukan Ketua Umum IWO Jodi Yudono. IWO Muba menjadi pengurus kabupaten/kota ke-80 yang dilantik dari kepengurusan di 34 provinsi di Indonesia.

Dodi mengapresiasi kegiatan IWO tersebut. Ia berharap kegiatan itu menjadi ikhtiar insan pers memperbaiki tingkat keadaban digital Indonesia.

"Saya setuju menjadi wartawan itu berat. Bukan hanya menjadi penyampai berita tetapi juga harus menjaga soal keadaban. Bagaimana kita menyampaikan berita dengan lugas dan terpercaya tetapi menjunjung tinggi keadaban," kata Dodi dalam sambutannya di Auditorium Pemkab Muba, Sekayu, Selasa (30/3/2021).

Dodi berpesan agar IWO ikut memberi perhatian khusus terkait rendahnya index keadaban digital Indonesia. Ia menegaskan kondisi tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab masyarakat pembaca tetapi juga merupakan tanggung jawab insan pers.

"Kita harus reformasi, kita harus koreksi bahwa menulis berita, mengomentari berita ada jalur sopan santun dan keadaban di dalamnya. Jangan menghujat, jangan jadi hakim, jangan menyalahkan, harus cover bothside. Jangan membuat judul yang provokatif hanya karena ingin dibaca atau diklik," pesan Dodi kepada IWO.

Dodi yang dikenal sebagi bupati inovatif dan peduli terhadap media dan wartawan mengaku cukup sedih membaca hasil studi Microsoft, bahwa skor keadaban daring (digital civility) di Indonesia tahun 2021 adalah 76 atau menempati peringkat 29 dari 32 negara di kawasan Asia Pasific. Hal yang juga diukur dalam indeks tersebut adalah jumlah hoaks, scam (penipuan), fraud, disinformasi, berita bohong dan lain-lain.

"Saya mohon maaf membaca beritanya cukup sedih. Artinya pengguna dan pembaca media online kita tidak menjunjung tinggi sopan santun. Malah sebaliknya, terjadi bullying, kalimat-kalimat sangat menusuk para pembaca termasuk juga interaksi media sosial sangat keras," tambahnya.

Dodi yang saat ini menjadi salah satu anggota Dewan Kehormatan PWI memahami betul tugas wartawan sangat berat. Meski begitu ia menaruh harapan besar terhadap IWO.

"Saya insan pers jadi saya mengerti. Tapi saya yakin dengan telah terbentuknya IWO di Muba maka pengurus-pengurusnya mulai sekarang sejak dilantik akan menjunjung tinggi keadaban jurnalisme online, membawa marwah IWO menjadi sebuah organisasi yang mendapat pengakuan dan menjadi contoh organisasi profesi wartawan di Indonesia," demikian kata Dodi Reza Alex Noerdin

IWO Kabupaten Muba periode 2021-2026 di bawah kepemimpinan Riyan Syahputra sebagai ketua dan Andi Mustika sebagai sekjen. Selain Bupati Dodi Reza hadir dalam acara pengukuhan jajaran Forkompimda Muba, Dewan Etik DPP IWO, Pengurus IWO Provinsi Sumsel, Pengurus IWO Prabu Mulih, IWO Musi Rawas Utara, IWO Banyuasin, IWO Palembang Serta insan pers di Muba.[]

Top