Ganjar Pakai Jurus Jokowi, Ora Mikir

Ganjar Pakai Jurus Jokowi, Ora Mikir
Foto/Net

KATTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya cara yang sama seperti Presiden Joko Widodo dulu dalam menyikapi namanya masuk dalam bursa calon presiden.

Seperti Jokowi, Ganjar tak mau mengurusi alias ora (tidak) mikir soal pencapresan meski hasil survei  menempatkan dirinya sebagai calon terkuat.

Ganjar menjawab dirinya sibuk ngurus mudik yang belakangan ramai jadi perbincangan karena dilarang oleh pemerintah dan beras yang juga jadi sorotan karena kebijakan impor oleh Menteri Perdagangan.

"Ngurusi mudik sama beras saja," kata Ganjar saat diminta tanggapan terhadap hasil survei Charta Politika Indonesia, pada rangkaian Hari Penyiaran Nasional ke-88 yang dilaksanakan di Solo, Senin (29/3/2021).

Diketahui hasil survei Charta Politika Indonesia pada Triwulan I 2021 menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menempati posisi tiga besar untuk calon Presiden Indonesia pilihan rakyat.

Survei melibatkan 1.200 responden. Hasil survei memotret Prabowo memperoleh suara terbanyak dengan angka 19,2 persen, Ganjar sebanyak 16 persen, dan Anies Baswedan 12,6 persen.

Sedangkan dalam simulasi pemilihan presiden dengan lima nama teratas, Prabowo unggul dengan perolehan 22,2 persen suara, diikuti oleh Ganjar Pranowo sebanyak 20 persen, Anies Baswedan sebanyak 14,2 persen, Sandiaga Uno 12,7 persen, dan Ridwan Kamil 9,2 persen.

Ganjar mengatakan saat ini dirinya fokus menjalankan prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yakni penyerapan beras di tingkat petani dan terkait larangan mudik Lebaran yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

"Beras belum terserap, mudik belum beres kok 'ngurusi koyo ngono' (mengurusi capres)," katanya.

Disinggung mengenai keinginannya untuk maju di Pemilihan Presiden 2024, Ganjar hanya menjawab dengan seloroh.

"Saya maju ke depan hari ini," demikian kata Ganjar Pranowo.[]

Top