Penutupan Perdagangan Pekan Awal Februari

BEI Catatkan Tiga Emiten Baru dan Peningkatan Kapitalisasi Pasar

BEI Catatkan Tiga Emiten Baru dan Peningkatan Kapitalisasi Pasar
Ilustrasi. Kegiatan Acara Debut IDX Bank Syariah Indonesia di Main Hall BEI Jakarta, Kamis (4/2)./Ist.

KATTA - Data perdagangan pasar modal Indonesia pada awal Februari 2021 kembali ditutup positif, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan seluruh indikator.

Peningkatan paling signifikan terdapat pada data rata-rata volume transaksi harian yaitu sebesar 13,11% atau 20,056 miliar saham dari 17,732 miliar saham pada penutupan pekan lalu.

Kemudian, data rata-rata frekuensi harian bursa juga mengalami peningkatan sebesar 12,25% atau 1.513.882 kali transaksi dari 1.348.714 kali transaksi sepekan yang lalu. 

Seiring dengan peningkatan kapitalisasi pasar, data rata-rata nilai transaksi harian selama sepekan juga mengalami peningkatan 3,65% menjadi Rp18,059 triliun dibandingkan pekan lalu sebesar Rp 17,423triliun.

"Kapitalisasi pasar bursa mengalami kenaikan sebesar 6,06% atau menjadi Rp 7.242,985 triliun dari Rp 6.829,294 triliun pada pekan sebelumnya," kata Sekretaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Yulianto Aji Sadono, dalam siaran pers yang diterima KATTA, Jumat malam (5/2).

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga mengalami peningkatan sebesar 4,94%  dan pada pekan ini kembali berada pada level 6.000 atau tepatnya 6.151,729 setelah pada pekan sebelumnya berada pada level 5.862,352.

Investor asing pada hari penutupan pasar modal akhir pekan kemarin petang (5/2) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp186,81 miliar. Sedangkan sepanjang tahun 2021 pasar modal BEI mencatatkan beli bersih total sebesar Rp 14,97 triliun.

Selain itu, pada pekan ini terdapat 3 pencatatan perdana saham dan debut perdana salah satu perusahaan perbankan milik BUMN di lantai bursa pasal modal Indonesia atawa BEI yang diselenggarakan secara virtual.

Diawali pada Senin (1/2), terdapat 2 pencatatan saham, yaitu PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk dengan kode saham BANK pada Papan Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai Perusahaan Tercatat ke-4 di BEI pada tahun 2021 dan PT Damai Sejahtera Abadi Tbk dengan kode saham UFOE pada Papan Utama BEI sebagai Perusahaan Tercatat ke-5 di BEI pada tahun 2021. BANK dicatatkan pada sektor financials dengan sub sektor banks, sedangkan UFOE dicatatkan pada sektor consumer cyclicals dengan sub sektor retailing.

Kemudian pada Selasa (2/2), Perusahaan Tercatat ke-6 di BEI pada tahun 2021 yaitu PT Widodo Makmur Unggas Tbk dengan kode saham WMUU resmi tercatat pada Papan Utama BEI. WMUU dicatatkan pada sektor consumer non-cyclicals dengan sub sektor food & beverage.

Sedangkan, Pada Kamis (4/2), Pembukaan Perdagangan BEI dibuka dalam rangka Perkenalan Nama atau debut perdana PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Acara yang diselenggarakan di Main Hall BEI secara semi-virtual ini dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansyuri, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, dan Direktur Utama BSI Hery Gunardi serta undangan lainnya.

Top