Masih Pandemi COVID-19, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Akan Gelar Munas dan IIEF Secara Online

Masih Pandemi COVID-19, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Akan Gelar Munas dan IIEF Secara Online
ILUSTRASI. Ketua Umum Pengurus Pusat MES, Wimboh Santoso dan Ketua Pembina Pengurus Pusat MES, KH Ma'ruf Amin/Net.

KATTA – Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-V (lima) dan Indonesia Islamic Economic Forum (IIEF) ke 7 (tujuh) secara online daring karena pembatasan aktifitas sosial di tengah Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia.

Gelaran Munas yang merupakan forum tertinggi MES tiga tahunan ini rencananya akan diselenggarakan secara online pada Sabtu besok (23/1). Sementara kegiatan Indonesia Islamic Economic Forum (IIEF) ke 7 yang merupakan rangkaian Munas juga diselenggarakan secara virtual pada Jum’at besok (22/1) dengan tema “Peran Lembaga Keuangan Syariah dan Sovereign Wealth Fund dalam Pemerataan Ekonomi Umat”.

Selain sebagai forum pengambilan keputusan strategis organisasi, penyampaian laporan pertanggungjawaban dan evaluasi program kerja, pada Munas ini juga sebagai ajang pemilihan Ketua Umum MES  baru untuk periode selanjutnya.

Munas MES akan diikuti oleh perwakilan Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah (29 Propinsi), Pengurus Wilayah Khusus (9 Wilayah Luar Negeri), dan Pengurus Daerah (95 Kabupaten/Kota) serta peserta peninjau dari para pemangku kepentingan dan  mitra kerja MES.

Ketua Umum III Pengurus Pusat MES yang juga Ketua Panitia Pengarah, Firdaus Djaelani, mengatakan Munas akan dibuka Ketua Dewan Pembina MES  yang juga Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin. “Jadi Munas kali kita mengangkat tema Mewujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang Berkontribusi Signifikan dalam Ekosistem Perekonomian Nasional dan InsyAllah akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin,” katanya dalam rilis tertulis yang diterima KATTA, Kamis (21/1).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat MES, Edy Setiadi, mengungkapkan pada ajang Munas kali ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan strategis untuk pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. “Saya berharap Munas ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk peningkatan peran ekonomi dan keuangan syariah dalam mengatasi permasalahan ekonomi umat, terlebih dalam masa pandemi ini yang juga berdampak perlambatan ekonomi,” kata Edy.

Munas MES secara online menurut Ketua Pelaksana Munas, Iggi Achsien, akan diselenggarakan menyesuaikan dengan kondisi Pandemi COVID-19 yang masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia. “Biasanya Munas ini dilaksanakan secara offline, namun dengan melihat kondisi yang belum memungkinkan, kita memutuskan melaksanakan secara online,” katanya.

Selain Wakil Presiden RI, pada rangkaian Munas MES juga rencananya akan dihadiri Menteri BUMN RI, Erick Thohir, sebagai Keynote Speecher acara Webinar IIEF. Selain itu, IIEF juga akan menghadirkan berbagai narasumber, diantaranya; Hery Gunardy (Direktur Utama Bank Syariah Indonesia), Jens Reisch (President Director Prudential Life Assurance Indonesia), Anwar Abbas (PP Muhammadiyah), Haryadi B Sukamdani (Ketua Umum APINDO), Budi Hikmat (Direktur Bahana TCW Investment Management), serta akan dimoderatori oleh Rizky Wisnoentoro.

Top