Polisi Tangkap 3 Perampok yang Siram Air Keras ke Pemotor Cewek

Polisi Tangkap 3 Perampok yang Siram Air Keras ke Pemotor Cewek
Kepala Polres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto memperlihatkan barang bukti kasus curas di Mapolres Subang, Rabu (20/1/2021).

KATTA - Tiga pemuda asal Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, AR alias M (26), SP (19) dan SA alias IB (22) ditangkap Sat Reskrim Polres Subang karena merampok Neneng Komalasari (24) saat akan pulang ke rumahnya.

Ketiganya merampok wanita berambut panjang tersebut di Jalan Tarum Timur masuk Desa Karangwangi, Kecamatan Binong, Kabuapten Subang, Sabtu, 12 Desember 2020 sekira jam 18.30 wib.

Aksi mereka rupanya atas perintah DD untuk menyiram air keras dan merampok wanita asal Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, itu. Namun, DD kini masih dalam pencarian polisi.

Kepala Polres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto didampingi Wakapolres Kompol Dony Eko Wicaksono dan Kasat Reskrim AKP M Wafdan Muttaqin membenarkan adanya pengungkapan perkara curas tersebut.

Menurut Kapolres, korban malam itu hendak pulang. Korban menggunakan sepeda motor. Kemudian diikuti Suzuki Satria Fu yang dikemudikan SA alias IB berboncengan dengan AR alias M.

Sementara itu, pelaku lainnya, SP mengikuti dari belakang menggunakan sepeda motor Yamaha Vega R. Lalu, sepeda motor Yamaha Mio GT korban dipepet oleh sepeda motor Satria Fu.

Tiba-tiba, AR alias M menyiramkan cairan kimia atau air keras ke arah wajah korban sehingga korban kesakitan dan terjatuh dari sepeda motornya.

"AR alias M turun dan menarik tas berisi barang milik korban, lalu korban yang kesakitan berteriak sambil saling menarik mempertahankan tas tersebut," ucap Kapolres di Mapolres Subang, Jawa Barat, Rabu (20/01/2021).

Kejadian ini, kata Kapolres diketahui oleh Supriatna yang saat itu kebetulan sedang melintas. Saksi lalu berupaya membantu korban. Karena panik, AR alias M dan SA alias IB melarikan diri dari tempat kejadian perkara diikuti SP.

Korban selanjutnya dibawa untuk berobat karena luka di wajahnya cukup serius. Setelah membaik, korban lapor kepada Polsek Binong. Unit Reskrim Polsek Binong dan Sat Reskrim Polres Subang melakukan penyelidikan.

Setelah pihak kepolisian melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan, Minggu, 17 Januari 2021 sekira pukul 13.00 wib, tim berhasil menangkap AR alias M di rumahnya.

Kemudian dilakukan pengembangan, Tim berhasil menangkap SP dan SA alias IB di lokasi berbeda di Kecamatan Binong, Kabupaten Subang. Dari mereka, polisi menyita sejumlah barang bukti.

"Ketiga pelaku mengakui perbuatannya dan melakukan perbuatan tersebut atas adanya perintah dari DD (DPO) dengan upah berupa uang Rp5 juta untuk melakukan perbuatan tersebut," ujarnya.

Untuk, air keras tersebut didapat SA alias IB dari seseorang berinisial YG yang berprofesi sebagai tukang cuci perhiasan emas. YG kini sebagai saksi.

"DD menyuruh AR alias M menyiram korban dengan air keras dan membawa barang yang dibawanya tersebut karena sakit hati pada korban," ujarnya.

Atas perbuatan tersebut, lanjut dia, mereka dijerat Pasal 365 KUHPidana dan atau Pasal 170 KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Para tersangka sudah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Subang.[]

Top