Demo Komnas Bansos

Tuntut Juliari dan Kroni Dihukum Mati

Tuntut Juliari dan Kroni Dihukum Mati
Ketua KPK Firli Bahuri mengumumkan tersangka korupsi bansos covid di Kementerian Sosial/Net

KATTA - Komunitas Nasional Korban Korupsi (Komnas) Bansos akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pagi hari ini, Rabu (6/1).

Unjuk rasa digelar untuk meminta lembaga anti rasuah menuntut hukuman mati terhadap Juliari Batubara, terduga pelaku korupsi Bansos penanganan Covid-19.

"Perbuatan Juliari sebagai menteri sosial sangat menyakitkan rakyat miskin, sangat biadab dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancaisla. Oleh karena itu kami menuntut hukuman mai kepada Juliari," kata Purwantini, koordinator aksi Komnas Bansos dalam press release yang diterima redaksi.

Selain Juliari, Komnas Bansos juga mendesak KPK untuk menuntut hukuman mati bagi para terduga korupsi bansos lainnya. Mereka adalah Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, Ardian, dan Harry Sidabuke.

"Kami sebagai masyarakat menilai bahwa perbuatan tersangka Juliari dan kroni-kroninya telah merampas hak-hak rakyat miskin yang sedang mengalami masa-masa sulit selama pandemi Covid-19," katanya.

Ia lantas menyinggung pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada 19 Desember 2019 yang mengatakan bahwa hukuman mati bagi terpidana korupsi dalam kondisi bencana alam dan non alam serta pada saat krisis moneter sudah tercantum dalam Undang Undang Tipikor.

Dia juga menyinggung pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri pada 6 Desember 2020 dimana Firli meminta pelaku korupsi anggaran penanganan ancemi covid-19 dituntut dengan hukuman mati.

"Untuk mendukung KPK RI menuntut hukuman mati atas Juliari dan kroni-kroninya, kami sudah menyebarkan dan mengumpulkan petisi hukuman mati kepada seluruh elemen masyarakat. Target kami dalam waktu satu bulan sejak disebarkan, petisi dapat mengumpulkan satu juga dukungan," demikian kata Purwantini.[]

Top