China Janji Bantu Dana Tanggap Corona Negara ASEAN

China Janji Bantu Dana Tanggap Corona Negara ASEAN
Xi Jinping/Net

KATTA - Pemerintah China menjanjikan dukungan finansial untuk program dana tanggap Covid-19 atau Corona di negara-negara anggota ASEAN.

Hal itu sebagaimana dikatakan Presiden China Xi Jinping dalam sambutannya pada acara China-ASEAN Expo di Nanning yang disampaikan melalui saluran video dari Beijing, Jumat (27/11/2020).

Selain pendanaan, Xi menyampaikan China juga akan melatih 1.000 tenaga administrasi khusus di bidang kesehatan dan bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk menyiapkan cadangan kebutuhan medis di kawasan serta menyusun mekanisme pendampingan saat dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat.

"China pada tahun depan akan lebih terbuka sehingga akan memberikan lebih banyak manfaat secara ekonomi bagi negara-negara di dunia, termasuk negara anggota ASEAN," ucap Xi.

Dalam kesempatan tersebut, Xi juga menekankan pentingnya memperdalam kerja sama dengan negara-negara ASEAN di bidang ekonomi digital yang meliputi pembangunan kota cerdas, jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G), kecerdasan artifisial, e-dagang, mahadata, blockchain dan telemedis.

Kerja sama dalam bidang ini, disebut Xi, perlunya China bersama ASEAN dalam membangun koneksi digital Jalan Sutera.

China juga mengajak ASEAN untuk bersama-sama meningkatkan perlindungan keamanan data personal dan kebijakan telekomunikasi lainnya.

CAExpo yang digelar pada 27-30 November 2020 itu merupakan yang ke-17 kalinya sejak 2004 di Nanning, Ibu Kota Daerah Otonomi Guangxi, yang berbatasan dengan Vietnam.

Tujuh tahun sejak Xi mencanangkan prakarsa China untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam membangun Jalur Sutera abad ke-21, hubungan kedua belah pihak berkembang pesat dan yang paling berhasil di Asia-Pasifik.

"Belum pernah sebelumnya masyarakat di berbagai negara terhubung begitu erat," ucap Xi.[]

Top