Megawati Bingung, Begini Sindiran Pedas Rizal Ramli

Megawati Bingung, Begini Sindiran Pedas Rizal Ramli
Rizal Ramli/Net

KATTA - Pertanyaan Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengapa Indonesia kekurangan tokoh kelas dunia dijawab Rizal Ramli. Menurut ekonom senior yang dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional itu, Megawati tidak perlu bingung.

"Mbak Mega kok bingung," kata Rizal di akun twitternya @ramlirizal seperti dilihat redaksi, Jumat (27/11/2020).

Menurut dia, tidak perlu diskusi terfokus mencari tahu penyebab mengapa Indonesia kekurangan tokoh berkelas dunia. Mantan anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu mengatakan siapapun bisa menjadi tokoh dunia jika rajin membaca sehingga memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, memiliki kemampuan bahasa dan mengerti permainan politik dari negara-negara di dunia.

Setidaknya, kata dia, tiga hal itulah yang dimiliki Soekarno yang disebut oleh Megawati satu-satunya tokoh Indonesia yang menjadi tokoh dunia di abad ini.

"Kelas lokal kok mau ditantang jadi tokoh dunia? Baca kagak, bahasa blepotan, ora (tidak) ngerti geopolitik," sindir Rizal.

Netizen pun ramai-ramai mengomentari jawaban Rizal atas kebingungan Megawati itu. Akun @Lingga75 misalnya menulis, "Pa RR, harap Maklum seiring waktu dn bertambah nya umur, jd beliau agak2 lupa...."

Akun @TitokMashudi menganggap pernyataan Megawati ditujukkan untuk Presiden Jokowi. "Nembak petugas partenya ya, Bu?" cuitnya.

Akun @AbdinegaraMardi menimpali, "Eh ada yg kmrin disambut jutaan orang dibandara. Itu tokoh dunia loee bu. atau ibu sebenarnya mau bilang. Di Indonesia kok kayak kekurangan tokoh untuk jadi presiden gitu to maksudnya bu...heeee."

Diketahui, Megawati mengatakan di abad ini Indonesia kekurangan tokoh dunia seperti Soekarno. Ia mengungkapkan bahwa sang ayah yang juga merupakan Presiden RI pertama berperan serta dalam mewujudkan kedaulatan negara-negara di dunia melalui penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada 1955 meski ketika itu Indonesia baru 10 tahun merdeka.

Keresahan itu disampaikan Megawati pada saat pembukaan pameran "Bung Karno dan Buku-Bukunya" di Museum Kepresidenan RI Balai Kartini secara daring pada Selasa (24/11/2020).

"Coba bayangkan, saya sampai mikir, kapan kita punya orang seperti beliau lagi? Apakah 100 tahun lagi? Ini baru 75 tahun merdeka, jadi kira-kira 25 tahun, mungkinkah kita ada tokoh? Di abad ini kita kekurangan tokoh dunia. Kenapa hal itu bisa terjadi ya?" ucap Megawati.

"Nah itu Pak Nadiem coba deh tolong. Mungkin ada FGD dari menjawab pertanyaan saya itu, why?" kata Megawati kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang hadir dalam acara itu.[]

Top