MUNAS MUI X

Resmi, Maruf Amin Diganti Miftachul Akhyar

Resmi, Maruf Amin Diganti Miftachul Akhyar
Miftachul Akhyar/Net

MONITORDAY.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) punya komandan baru. KH. Miftachul Akhyar resmi terpilih sebagai ketua umum MUI menggantikan Maruf Amin.

Kiai Miftach, demikian ia akrab disapa, dipercaya sebagai ketua umum MUI periode 2020-2025 dalam Musyawarah Nasional (Munas) MUI ke X yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

"Bahwa ketum terpilih adalah almukarom Miftachul Akhyar," kata anggota Tim Formatur Munas MUI, Maruf Amin, Jumat (27/11) dini hari.

Kiai Miftach saat ini menjabat Rais Aam PBNU. Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah Surabaya itu menggantikan posisi Maruf Amin sebagai Rais Aam PBNU usai dicalonkan sebagai kandidat wakil presiden pada 2018 lalu.

Dengan demikian, Kiai Miftach menjadi ketua umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975. Ia menggantikan posisi Maruf Amin yang menjabat sebagai ketum periode 2015-2020.

Selain memilih Kiai Miftach, musyawarah yang dilakukan oleh 17 Tim Formatur yang dipilih oleh peserta Munas X MUI juga menetapkan jajaran pengurus Dewan Pimpinan MUI lainnya. Diantaranya Amirshah Tambunan sebagai Sekretaris Jenderal.

Kemudian, Maruf Amin terpilih sebagai ketua Dewan Pertimbangan menggantikan posisi Din Syamsuddin yang menjabat posisi tersebut pada periode 2015-2020.

"Ketua Dewan Pertimbangan adalah Maruf Amin," ucap Ma\\'ruf mengumumkan dirinya sendiri.

Munas MUI X berlangsung sejak 25 November 2020. Pelaksanaan Munas kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya karena digelar di tengah pandemi Covid-19. Munas memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta Munas dibagi menjadi dua kelompok, yakni online dan offline.[]

Top