Dewas KPK: Jangan Obral Penyadapan

Dewas KPK: Jangan Obral Penyadapan
Harjono/Antara

KATTA - Anggota Dewan Pengawas KPK Harjono mengatakan penyadapan yang dilakukan lembaga anti rasuah jangan sampai diobral.

"Dalam pandangan saya, penyadapan dilihat case per case, kasus per kasus. Memang tugas kami 'kan salah satu di antaranya adalah jangan sampai kemudian obral penyadapan. Kami harus melihat setiap penyadapan itu. Akan tetapi, kalau memang itu diperlukan, kenapa tidak," kata Harjono di lingkungan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Jumat.

Harjono menyampaikan hal tersebut seusai mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara.

Selain Harjono, Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dan anggota Dewas lain, yaitu Syamsuddin Haris, Artidjo Alkostar, dan Albertina Ho juga mengucapkan sumpah.

Harjono menegaskan bahwa penyadapan tergantung pada kasusnya. Penyadapan dilakukan bukan karena ada intervensi. Bahkan, Presiden menyatakan tidak akan ada intervensi.

"Malah Presiden memberi satu wawasan kepada kami, sebetulnya persoalan besar pada korupsi kita ada di mana? Dengan gamblangnya menyatakan bahwa ada sektor-sektor khusus dan di mana situ kami harus fokus," Demikian kata Harjono.[]

Top