Energi Pasukan Lebah

Energi Pasukan Lebah
Ilustrasi/Net

NALAR konsolidasi partai politik selalu mengingatkan pentingnya militansi kader dalam menaikkan posisinya dalam jagat politik. Posisi parpol akan sangat ditentukan oleh seberapa kuat seorang kader melakukan konsolidasi di tengah masyarakat.

Masyarakat merupakan ladang perjuangan tidak bertepi bagi parpol, tidak hanya disapa ketika ada hajatan politik. Parpol yang terbiasa menyapa pemilih hanya pada pemilu dan atau pemilukada dipastikan kurang mendapat simpati publik.

PKB sebagai salah satu parpol papan tengah menyadari pentingnya konsolidasi politik secara sistematis. Dengan menambah logo seekor lebah, PKB hendak menjadikan konsolidasi mengambil semangat lebah dalam mengais rezeki di tengah hutan.

Gus Muhaimin kerap memanggilnya pasukan lebah bagi jajaran fungsionaris PKB. Dia menegaskan pasukan lebah harus militan, yang ditancapkannya ketika Muktamar di Bali 2019 dengan argumen kesesuaian dengan surat An Nahl ayat 68.

Mengapa lebah? Karena kader PKB punya komitmen untuk tidak pernah hinggap di tempat-tempat yang tidak baik, tidak pernah makan kecuali makan-makanan yang baik dan tidak akan pernah berproduksi kecuali berproduksi hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat rakyat dan bangsa.

Simbol lebah ini juga satu komitmen bahwa berjemaahlah, bergerombollah berorganisasilah dalam satu kesatuan dalam kebersamaan jangan bercerai berai. Kalau ada yang melepas satu biasanya tidak lama kemudian mati, karena meninggalkan barisan.

Dalam model lain, PKB selalu berusaha istiqamah dan konsisten dalam mengawal nilai-nilai juang Islam Ahlusunnah waljamaah, Islam rahmatan lil'alamin, yang menjadi bagian dari gagasan pemikiran dan kebijakan langkah.

PKB kata Cak Imin, akan tetap mengawal ideologi perjuangan partai yang berbasis kebangsaan, kemanusiaan, keadilan, dan demokrasi, baik melalui perjuangan di pemerintahan, legislatif, maupun di akar rumput masyarakat. Cak Imin juga memohon doa restu agar pada usia ke-21 tahun ini PKB dapat semakin bermanfaat dan mampu memberikan solusi bagi masalah kebangsaan.

Artinya seluruh kader tetap berpegang pada misi kemaslahatan yang diamanatkan para pendiri partai, yaitu dengan cara menjelma menjadi partai yang melayani masyarakat. Pada usia ke-21 tahun PKB punya beban menjalankan amanah dari para pendiri.[]

Top