Jaksa Selidiki Hubungan Pengacara Trump dengan Proyek Energi Ukraina

Jaksa Selidiki Hubungan Pengacara Trump dengan Proyek Energi Ukraina
Rudy Giuliani/Net

KATTA - Hubungan pengacara pribadi Presiden AS Donald Trump, Rudy Giuliani, dengan proyek energi Ukraina tengah diselidiki.

Mengutip tiga pejabat rahasia AS, kasus yang tengah didalami jaksa federal di Manhattan adalah transaksi finansial Giuliani yang kemungkinan termasuk pelanggaran  hukum dana kampanye.

Reuters melaporkan Giuliani maupun pengacara yang mewakili dirinya belum mau menanggapi informasi tersebut. Juru bicara Jaksa Agung AS Geoffrey Berman di Manhattan juga menolak berkomentar.

Sementara Wall Street Journal (WSJ) menyebutkan dua rekan Giuliani, Lev Parnas dan Igor Fruman mendirikan perusahaan baru. Mereka merencanakan saluran pipa Polandia-Ukraina yang membawa gas alam AS, ke eksekutif energi dan pejabat Ukraina awal tahun ini dan mengklaim proyek tersebut didukung oleh Gedung Putih.

Disebutkan pula bahwa, Parnas dan Fruman juga mengatakan kepada pejabat Ukraina bahwa Giuliani merupakan mitra dalam jalur pipa tersebut, proyek dari perusahaan mereka yang bernama Global Energy Producers.

Dalam wawancara dengan WSJ pada Jumat Giuliani membantah terlibat dalam proyek jalur pipa dan perusahaan energi tersebut. Ia mengatakan tidak mempunyai indikasi bahwa jaksa sedang menyelidiki kasus tersebut.

"Saya tidak mempunyai kepentingan pribadi dalam bisnis apa pun di Ukraina, termasuk proyek itu," katanya.[]

Top