Pangdam Siliwangi Meninjau Latihan Evakuasi Penanggulangan Bencana

Pangdam Siliwangi Meninjau Latihan Evakuasi Penanggulangan Bencana
Latihan Penanggulangan Bencana dilaksanakan Korem 063/SGJ di Setupatok, Kabupaten Cirebon.

KATTA - Latihan Penanggulangan Bencana dilaksanakan di Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon sudah mulai tahap praktek dan simulasi, Sabtu (21/11/2020).

Latihan digelar Korem 063/SGJ merupakan salah satu tugas TNI adalah menjaga keutuhan dan kedaulatan negara yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang (OMP) maupun dengan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tugas TNI dalam OMSP sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang nomor 34 Tahun 2004, diantaranya TNI membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dalam pelaksanaan operasi penanggulangan bencana alam dilaksanakan bersama-sama instansi lain yang dikoordinir oleh kepalaPemerintahan Daerah setempat.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam kesempatan tersebut Pangdam III/SLW melihat langsung mulai tahap pengungsian di darat sampai ke tenda evakuasi dan penyelamatan korban yang berada di lokasi bencana menggunakan angkutan air/LCR yang dilakukan oleh tim evakuasi.

"Kita harus siap terhadap segala kemungkinan, masyarakat di sini terus diimbau untuk siap jadi pada tahap mitigasi ini sangat penting kemudian masyarakat di sini apabila terjadi sudah bisa menyelamatkan diri," ucapnya.

Sehingga, lanjutnya dapat mengurangi korban ini sangat penting sekali melatihkan kepada semua masyarakat yang ada di sekitar Setupatok ini supaya terbiasa dengan latihan.

"Apabila terjadi yang sesungguhnya kita semuanya bekerja sama, titik kumpulnya dari rumah untuknya lewat mana itu sudah disiapkan semuanya," ujarnya.

Menurutnya, Pemda dengan Kepolisian, TNI, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan dan sebagainya itulah komponen-komponen dalam rangka membantu menangani penanggulangan bencana.[rls]

Top