PN, Posbakum, dan BAI Sosialisasi Sinkronisasi Identitas Gratis

PN, Posbakum, dan BAI Sosialisasi Sinkronisasi Identitas Gratis
Foto bersama seusai kegiatan sosialisasi sinkronisasi identitas di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jum'at (20/11/2020).

KATTA - Pengadilan Negeri (PN), Pos Bantuan Hukum (Posbakum), Badan Advokasi Indonesia (BAI) dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Dawuan, Kabupaten Subang gelar sosialisasi menyinkronkan identitas.

Hakim PN Kabupaten Subang Gorga Guntur, S.H.,M.H menyampaikan menyinkronkan identitas diri sekarang sangat dipermudah.

Bahkan, kata dia dibiayai dari APBD Kabupaten Subang yang berkerja sama dengan Aliansi, Posbakum, BAI dan Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI) Kabupaten Subang.

Ketua Posbakum PN Kabupaten Subang Muhammad Waryana Suhendi, SH, mengatakan untuk warga yang termasuk tidak mampu menyingkronkan data bisa gratis.

"Cukup fotocopy identitas, fotocopy kartu PKH atau surat keterangan tidak mampu. Masih ada kuota 118 orang bagi yang tidak mampu. Bagi yang mampu bayar Rp2 juta," ujarnya.

Ketua BAI Kabupaten Subang Darman Sri Gandi, SH menyambut baik program sinkronisasi identitas diri gratis karena sangat membantu bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Proses sangat mudah dan cepat kalau kita datang sendiri ke pengadilan di samping waktu dan jarak prosesnya juga membutuhkan waktu," ucapnya.

Untuk itu, kata Darman, BAI mengajak seluruh elemen terutama camat dan kepala desa se-Kabupaten Subang untuk menyerap program tersebut, apalagi masih ada kuotanya.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Dawuan Yuli Merdekawati dalam kesempatan itu, menyambut baik program ini dan meminta kepada seluruh kepala desa di wilayahnya mensosialisasikan kepada warganya.

"Jika masih ada masyarakat yang belum paham boleh menghubungi advokat yang tergabung dalam pelaksanaan program sinkronisasi tersebut," pungkasnya.[]

Top