JK, Si Peng-Peng Pembuat Gusar Dua Presiden

JK, Si Peng-Peng Pembuat Gusar Dua Presiden
Jusuf Kalla-Rizal Ramli/Net

KATTA - Rizal Ramli (RR) punya cerita lain soal Jusuf Kalla (JK). Menurut mantan Menko Maritim dan Sumber Daya itu, JK sempat membuat gusar lingkungan Presiden SBY dan Presiden Jokowi .

"Pak @jokowi pernah tanya RR, bagaimana caranya jadi orang terkaya di Indonesia dengan cepat? Saya tidak mau jawab kecuali jelas kasusnya," tulis Rizal Ramli di akun Twitternya @RamliRizal, Senin (09/11/2020).

"Setelah Jokowi jelaskan kasus Pejabat & kel-nya, baru saya jawab: 'Gampang Mas, bisnis kekuasaan atau Peng-Peng. Cepat," sambungnya.

Peng-Peng yang dimaksud RR adalah penguasa rangkap pengusaha. Istilah itu dia gunakan untuk menyebut JK.

RR mengungkap setelah dirinya menjelaskan soal bisnis Peng-Peng ke Jokowi, jabatan JK sebagai Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) yang menentukan pejabat eselon 1 dan direktur utama perusahaan BUMN dipreteli.

Dalam cuitannya, RR menyertakan sebuah foto yang menunjukkan bisnis Jusuf Kalla meroket dalam waktu singkat.

Foto itu merupakan data Globe Asia. Pada 2011 Kalla Group berada di urutan 107 di Indonesia dengan total kekayaan US$150 juta. Lima tahun kemudian menurut data yang sama, kekayaan Kalla Group naik drastis menjadi US$740 juta dan menempatkannya di urutan 49 terkaya di Indonesia.


Di kicauan berikutnya, RR menceritakan saat JK menjabat wakil Presiden SBY pada 2004 sampai 2009.

"Ring 1 SBY kesal kekayaan Sang Peng-Peng melesat hebat. Yang tadinya biasa2 saja, tidak masuk orang terkaya, jadi masuk. Itulah alasan, SBY tidak memilih Sang Peng-Peng jadi Wapresnya lagi," tulis Rizal.[]

Top