Adian PDIP Pastikan Demonstran Ditangani Sesuai Prosedur di Polda Metro

 Adian PDIP Pastikan Demonstran Ditangani Sesuai Prosedur di Polda Metro
Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu di Polda Metro Jaya, Jumat (9/10/2020). Foto: Dok. Istimewa

KATTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu mengunjungi para demonstran tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Mantan aktivis 98 ini datang untuk memastikan bahwa para demonstran ditangani aparat Kepolisian sesuai dengan prosedur KUHAP yang berlaku di Indonesia.

“Tugas saya sebagai anggota DPR RI memastikan semua demonstran dalam keadaan aman dan mereka ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku,” terangnya.

Adian juga mengunjungi para mahasiswa dan pelajar yang diamankan di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Di sana, dia menyaksikan langsung para pelajar dan mahasiswa menjalani rapid test.

“Tadi saya lihat mereka dalam keadaan baik-baik saja. Tidak ada bekas lebam juga, kondisi mereka baik-baik,” terang Sekjen Pena 98 ini.

Dalam kesempatan itu, Adian juga menyambangi para demonstran yang diamanankan di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti, Polda Metro Jaya.  

Sempat terekam momen ketika sebagian demonstran dan keluarga terlihat memanggil Adian saat berjalan menuju tempat para demonstran dan saling bertegur sapa. 

"Bang Adian, Bang Adian sehat bang," teriak sejumlah demonstran yang berada di lantai 2 gedung parkir yang menjadi tempat penahanan sementara, yang disambut dengan senyuman dan dijawab sehat, sambil mengacungkan jempolnya.

Di lokasi, aktivis 98 ini mengecek para wartawan yang ikut diamankan aparat kepolisian, tadi malam. Salah satunya Jurnalis merahputih.com, Ponco Sulaksono yang sempat hilang kontak saat melakukan tugas Jurnalistik meliput demonstrasi tolak Omnibus Law.

“Ponco kawan lama kita juga. Hal-hal seperti ini jangan sampai terulang. Tapi ya memang fakta di lapangan agak sulit membedakan antara pekerja profesi seperti Jurnalis dengan mahasiswa atau buruh,” terang Adian yang tampil mengenakan masker sesuai protokol kesehatan.

“Jadi kehadiran saya untuk memastikan bahwa kita DPR harus memperhatikan hal-hal seperti ini, kita bisa berbeda pandangan terhadap banyak hal termasuk Omnibus Law tapi hak hak mereka di tiap tahap pemeriksaan akan saya jaga" tandasnya. 

Sebelum pergi sejumlah mahasiswa yang sedang menjenguk rekannya juga terlihat berdiskusi dan mengajak Adian berfoto bersama. []

Top