Peringati World Clean Up Day, Anggota DPD RI Jateng Gagas Program Aksi Bersih Sungai

Peringati World Clean Up Day, Anggota DPD RI Jateng Gagas Program Aksi Bersih Sungai
Anggota DPD RI daerah pemilihan Jateng , Dr. Abdul Kholik, SH., M.Si, tengah memberikan sambutan kegiatan bersih-bersih sungai di Cipari, Kabupaten Cilacap/Ist.

KATTA – Anggota DPD RI, Abdul Kholik, bersama Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Cipari Kabupaten Cilacap menggelar program aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati World Clean Up Day di sungai Cidurian yang membelah dua desa yakni Desa Cipari dan Desa Serang.

Sungai Cidurian sering menjadi tempat pembuangan sampah plastik sehingga tampak kotor dan menimbulkan pemandangan serta bau yang tidak sedap. Sampah yang bertebaran di sepanjang aliran sungai juga menyumbat aliran sungai ketika musim hujan tiba dan menimbulkan banjir di beberapa titik.

Tidak kurang dari 10 OKP dan organisasi pelajar SMA Cipari dan MA Mafatihul Huda, dan masyarakat yang tinggal disekitar sungai Cidurian ikut kegiatan aksi bersih-bersih tersebut. Panjang aliran sungai yang dibersihkan kurang lebih 3 KM, mulai dari Karang Tengah, sampai Paltiga, perbatasan Kecamatan Sidareja.

Rangkaian kegiatan diawali dengan apel kesiapan di halaman pendopo Kecamatan Cipari dan diikuti oleh seluruh perwakilan OKP dan Forkompimcam serta unsur dinas  terkait.

Menurut Camat Cipari, Ahmad Husin,  dalam arahannya menegaskan bahwa kegiatan ini baru pertama kali digelar dan merupakan gagasan yang diinisiasi oleh perwakilan DPD RI yang kebetulan putra asli Cipari.

“Respond dan support dari OKP luar biasa kompak dan bahu membahu untuk mendukung program bersih Sungai agar bebas dari sampah plastik. Tidak lupa jajaran Pemerintah desa yang terlewati aliran Sungai juga mengerahkan warganya untuk ikut aksi bersih kali yang sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan aliran sungai,” kata Husin.

Kalangan OKP juga tampak sangat antusias mulai dari KNPI, Karang Taruna, Banser Anshor, Kokam Muhamadiyyah, Pemuda Pancasila, Gendewa, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, Bank Sampah, organisasi Pencinta Alam Cilacap Camp dan sejumlah ormas pemuda lainya.

Kegiatan ini merupakan pertama kalinya OKP se kecamatan bisa berkolaborasi dalam aksi sosial bersih bersih sungai. Tampak ikut hadir, Wakil Ketua DPRD Cilacap Saiful Mustangin, yang berasal dari Dapil wilayah Cipari.

Sementara itu, menurut Anggota DPD RI, Abdul Kholik,  mengatakan langkah ini sangat bermakna dalam melakukan edukasi pada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali. Sebab akan mengotori Sungai dan jika terbawa aliran sungai akan mencemari laut dan menimbulkan kerusakan lingkungan yang luar biasa.

“Sungai harus kita jaga agar bersih dan indah. Luar biasa kolaborasi ini meski hanya persiapan singkat dapat membersihkan sungai. Semoga bisa terus berkelanjutan,” kata Kholik.

Pada kesempatan itu, Wakil Komite I DPD RI ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun kesadaran guna menjaga kebersihan aliran sungai. Hal itu, lanjutnya, bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, tetangga, teman dan masyarakat aktif berpartisipasi untuk menjadi agen bagi upaya membangun lingkungan yang bersih. Ia juga berharap, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin dengan  sasaran sungai-sungai lain di wilayah Cipari, lebih luasnya juga seluruh sungai di Cilacap.

“Meski dari kampung aksi ini layak disebut sebagai ikhtiar untuk membangun kesadaran lingkungan dan memberikan andil bagi membangun dunia yang bebas dari sampah,” pungkas Senator Jawa Tengah ini.

Top