Efek Vaksin SinoVac, Ridwan Kamil Asal Njeplak

Efek Vaksin SinoVac, Ridwan Kamil Asal Njeplak
Ridwan Kamil/Net

KATTA - Ridwan Kamil dicibir netizen. Gara-garanya, Gubernur Jawa Barat ini menyalahkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total dan ketat di seluruh wilayah Ibu Kota. "Vaksin SinoVac dari Cina, membuat Ridwan Kamil asal njeplak".

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bakal menerapkan PSBB total di Jakarta, Kamis 10 September. Gara-gara pengumuman itu Ridwan menyebut indeks harga saham gabungan (IHSG) terperosok.

"Hampir Rp 300 triliun lari gara-gara statement. Itu juga menjadi hikmah kepada kita memang dalam statement Covid ini ditunggu oleh siapapun, baik oleh masyarakat, pelaku ekonomi," kata Ridwan Kamil seperti dikutip dari Kompas.com.

Ridwan mengingatkan Anies agar dalam memberikan pernyataan harus hati-hati dan terlebih dahulu dihitung secara baik.

"Sehingga menjadi sebuah kehati-hatian bagi kita, agar setiap pernyataan ini dihitung secara baik. Kalau pun itu berita buruk, dipersiapkan sebuah proses sehingga tidak akan terjadi dinamika," katanya,

Ridwan Kamil menuturkan keputusan yang diambil Anies harus dipertimbangkan matang. Sebab, kebijakan DKI Jakarta sangat berdampak besar terhadap stabilitas nasional.

Karenanya, Ridwan meminta Anies jika ingin menerapkan PSBB total di Jakarta sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan pemerintah pusat.

Video wawancara Ridwan Kamil langsung beredar luas dan disambar netizen. Warga dunia maya kebanyakan menganggap Ridwan ngaco karena berbicara bukan dalam kapasitasnya. Ridwan bukan pejabat pusat dan juga tidak memiliki kepakaran dalam ekonomi. Ridwan sama seperti Anies, hanya seorang kepala daerah. Ridwan juga jauh dari kebiasaan menganalisa lantai bursa apalagi latar belakang pendidikannya arsitektur.

"Asal njeplak," kicau @juhdi_m. "Kayak ngerti investor saja ini Ridwan," sambar @Agus_Solikhin_D.

Akun @ANUS4nt4r4 mengingatkan Ridwan bahwa IHSG sudah turun tajan sejak Januari. Bukan terjadi setelah Anies mengumumkan PSBB total yang mulai berlaku 14 September nanti. "IHSG sejak Januari sudah turun tajam hampir setengahnya. Yang salah dari statement siapa hayoh, kang?". Akun @siddiq_teguh menambahkan, "Hadeuh parah, ngacona."

Tak sedikit netizen mengaitkan kengacoan Ridwan sebagai efek SinoVac, vaksin Corona dari Cina. Diketahui, Ridwan satu dari 248 relawan yang mengikuti uji klinis tahap tiga vaksin SinoVac.

"Semenjak di vaksin naha jadi kieu kang Emil," sindir @eLShaandy1981. "Mungkin itu pertanda vaksinnya bekerja," sambar @neng_armi.

@vonutip menyayangkan Ridwan berbicara ngaco. "Sayang euy kehilangan kewarasan lagi," kicaunya.[]

Top