Papua Mau Jadi 5 Provinsi, Mahfud MD Diminta Konsultasi ke Megawati

Papua Mau Jadi 5 Provinsi, Mahfud MD Diminta Konsultasi ke Megawati
Natalius Pigai/Net

KATTA - Aktivis Papua Natalius Pigai meminta Menko Polhukam Mahfud MD untuk berkonsultasi kepada mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri. Permintaan itu disampaikan Pigai terkait rencana pemekaran Papua seperti diungkapkan Mahfud.

Rencana pemekaran Papua disampaikan Mahfud seusai menggelar rapat bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta perwakilan TNI-Polri di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat 11 September. Mahfud menyatakan bakal menambah tiga wilayah baru di Papua sehingga ke depan terdapat lima provinsi.

Pigai meminta Mahfud untuk temu duga dengan Megawati lantaran timbul persoalan penting saat Papua dimekarkan menjadi dua provinsi pada tahun 2003 di saat Ketua Umum PDIP itu menjabat presiden, menjadi provinsi Papua dan Papua Barat.

"Saya minta Mahfud konsultasi ke Ibu Megawati. Dulu Ibu Mega ngotot mekarkan Papua malah masalah Papua menjadi lebih mendunia," kata Pigai.

"Di dunia ini politik, pendudukan akan kalah hadapi warna kulit dan agama berbeda karena konflik SARA. PBB tidak melihat provinsi tapi melihat Pulau Papua," kata Pigai lagi.[]

Top