Pigai: Presiden Jokowi Berhasil Membangun..

Pigai: Presiden Jokowi Berhasil Membangun..
Presiden Joko Widodo/Net

KATTA - Kritikus Natalius Pigai punya catatan soal keberhasilan Joko Widodo (Jokowi) selama kurang lebih 6 tahun memimpin Indonesia. Namun catatan Pigai, keberhasilan Jokowi bukan dalam hal positif.

"(Jokowi) berhasil membangun oligarki politik dan oligarki ekonomi," kata Pigai dalam wawancara yang videonya di sebar akun Youtube coretan lukman.

Pigai mengatakan selama memerintah Jokowi berhasil meningkatkan angka kemiskinan dan pengangguran. Merujuk laporan yang ada, Pigai menyebut anggaran Rp12-13 triliun hanya mampu digunakan Jokowi untuk menciptakan 17 ribu orang kaya baru.

Adapun dalam bidang politik, Jokowi berhasil menyuburkan oligarki keluarga. Jokowi menurut Pigai menjadikan anak kandung, menantu, dan besan maju sebagai calon kepala daerah.

"Berhasil membangun oligarki keluarga. Dari tujuh presiden Indonesia, hanya Jokowi saat aktif menjadi presiden, anak kandungnya dimajukan menjadi kepala daerah," tuturnya.

Selain itu, tambah Pigai, praktik nepotisme juga menguat. Jokowi sebut Pigai berhasil mengangkat orang-orang Solo yang merupakan kota kelahiran Jokowi menjadi pejabat tinggi. Pejabat BI, OJK dan beberapa jenderal yang menempati posisi strategis dicontohkan Pigai berasal dari Solo.

"Ada seseorang di luar Jawa ikut tes (komisioner) OJK, dipanggil Jokowi (lalu disampaikan) 'kamu jangan dulu ya, ini soalnya yang mau memimpin (OJK), kebetulan orang Solo (Wimboh Santoso, Ketua OJK)'. Kalau untuk urusan negara janganlah karena orang Solo, harusnya (ditunjuk) berdasarkan kapabilitas," demikian kata Pigai dalam video tersebut.[]

Top