Soal Mutasi Pejabat, Kapolri Terkesan Pilih Kasih

Soal Mutasi Pejabat, Kapolri Terkesan Pilih Kasih
Ilustrasi/Net

KATTA - Presedium Ind Police Watch (IPW) Neta S Pane melihat proses karir dan mutasi di jajaran kepolisian di era Kapolri Jendral Idham Azis belum benar-benar promoter dan cenderung pilih kasih. Ada yang baru menjabat beberapa bulan sudah dimutasi tapi ada yang sudah bertahun-tahun menjabat tak kunjung dimutasi.

 

Di antaranya kata Neta adalah mutasi dilakukan 3 Agustus 2020. Kapolda Sultra beralih dari Irjen Merdisyam ke  Brigjen Yan Sultra Indrajaya sebelumnya jabat Wakapolda.Padahal kenaikan pangkat Brigjen Yan Sultra Indrajaya belum lama dari Kombes ke Brigjen seiring Polda Sultra beralih dari tipe B ke tipe A.

"Sebaliknya Kapolda Bali Irjen Petrus Golose sudah lebih empat tahun menjabat Kapolda belum pernah di mutasi. Begitu juga Kompol Vivick Tjangkung sudah bertahun tahun menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan tapi hingga kini tak kunjung dimutasi. Seolah tak ada perwira lain di institusi Kepolisian yang pantas menggantikan mereka sehingga tetap dipertahankan di tempatnya" ungkap Neta kepada KATTA, Rabu (10/8/2020).

Sikap polri yang tidak promoter ini kata Neta, akan mengganggu citra Polri maupun kepercayaan personil Polri terhadap sistem jenjang karir di organisasinya. Kapolda Bali Irjen Petrus Golose misalnya, mungkin sudah tidak betah bertugas disana karena merasa jenuh dan perlu pengembangan karir. Tapi sebagai bawahan dia tak berdaya untuk minta digeser.

"Atau bisa jadi Kapolri lupa dengan keberadaannya di Bali sehingga dibiarkan, meski sudah empat tahun menjabat. Melihat lamanya yang bersangkutan bertugas di Bali, sepertinya Museum Rekor Indonesia (MURI) sudah pantas memberinya rekor sebagai Kapolda terlama menjabat dlm sejarah panjang Polri," ujar dia.

Menurut Neta, sudah saatnya Kapolri melakukan penyegaran personil ditubuh institusi Polri dengan mengedepankan prometer tanpa pilih kasih ,termasuk segera memutasi keduanya agar keduanya mendapat penyegaran di tempat tugas yang baru.[]

Top