Wimboh Cs Dilaporkan ke Ombudsman

Wimboh Cs Dilaporkan ke Ombudsman
Direktur Utama Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) Deni Iskandar saat mengadukan enam pejabat OJK ke Ombudsman RI, Senin 3 Agustus 2020/Ist

KATTA - Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dilaporkan ke Ombudsman RI atas dugaan malaadministrasi terkait persoalan yang membelit PT Asuransi Jiwasraya.

"Laporan sudah kami sampaikan ke OJK Senin 3 Agustus," kata Direktur Utama Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) Deni Iskandar kepada KATTA sesaat lalu.  

Wimboh dilaporkan karena diduga melakukan pembiaran terkait persoalan keuangan PT Jiwasraya yang berujung pada gagal bayar nasabah. Berdasarkan data terakhir, total gagal bayar perusahaan asuransi pelat merah itu mencapai Rp16 triliun.

Selain Wimboh lima pejabat OJK turut dilaporkan. Mereka adalah Ketua Komite Etik Nurhaida, Kepala Eksekutif Pasar Modal Hoesen, Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Riswinandi, Ketua Dewan Audit Ahmad Hidayat dan Anggota Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.

"Kami menduga mereka telah melakukan pembiaran atas adanya permasalahan finansial dan managemen Jiwasraya sebelum terjadinya skandal korupsi, melanggar kode etik dan penyalahgunaan wewenang," kata Deni.

Dikatakan Deni, sejak awal kinerja pejabat OJK dalam melakukan pengawasan tidak jelas. Sebab persoalan keuangan yang mendera Jiwasraya telah terjadi bertahun-tahun. Padahal kalau mengacu pada UU No 21 Tahun 2011 itu (masalah keuangan Jiwasraya) harusnya ditangani, inikan tidak.

"Ketika terjadi korupsi di Jiwasraya, itu dampak dari tidak adanya pengawasan yang serius dari OJK. Jadi kami menunggu komitmen Ombusman, apakah berani atau tidak melakukan pemeriksaan kepada OJK," demikian kata Deni Iskandar.[]

Top