Djoko Tjandra Ditangkap

Jerry Massie: Jangan Puas, Tangkap Juga Buronan Lainnya

Jerry Massie: Jangan Puas, Tangkap Juga Buronan Lainnya
Jerry Masie/Net

 KATTA - Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie meminta aparat penegak hukum tidak berpuas diri karena telah menangkap buronan korupsi BLBI Djoko Soegiarto Tjandra alias Joko Tjandra. Ia mendesak buronan lainnya juga ditangkap.

"Jangan berpuas diri karena masih banyak home work atau pekerjaan rumah. Saat ini masih ada 23 buronan yang kabur ke luar negeri yang juga harus ditangkap," " kata Jerry kepada KATTA, Minggu 8 Agustus 2020.

Jerry mengatakan penangkapan buronan koruptor jangan berhenti pada Djoko Tjandra. Buron lainnya yang masuk list DPO atau pelaku extra ordinary corruption juga harus dikejar.

Terlebih Jerry mengingatkan pengejaran buronan baru dilakukan hanya karena ada perintah penangkapan dari presiden seperti terhadap Djoko Tjandra.

"Jangan sebatas tuntutan politis saja," imbuhnya.

Menurutnya, manajemen tiba-tiba yang mengandalkan tidak ada rotan akar pun jadi harus dihilangkan. Upaya menangkap buronan koruptor perlu koordinasi yang kuat, lobi serta intilejen yang brilian. Semua langkah perlu ditempuh misalnya kerja sama baik bilateral maupun internasional.

Selain menangkap buronan, Jerry berharap aparat penegak hukum menyita aset-aset milik buronan tersebut. Bahkan kalau perlu penyitaan dilakukan terhadap semua aset mereka di Indonesia.

"Kalau kita kita buru para pelaku koruptor dan dikembalikan duitnya, maka itu cukup besar. Ini bagus di saat ekonomi lndonesia lagi terpuruk," demikian kata Jerry Massie.[]

Top