Giliran Ponakan Luhut Binsar Jadi Komisaris BUMN

Pandu Patria Didapuk Komisaris BEI

Giliran Ponakan Luhut Binsar Jadi Komisaris BUMN
Pandu Patria Sjahrir/Net

KATTA - Daftar keluarga pejabat negara yang menjadi petinggi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertambah. Kali ini, giliran Pandu Patria Sjahrir yang diangkat menjadi komisaris pelat merah.

Pandu Patria adalah keponakan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Pandu diangkat menjadi komisaris di PT Bursa Efek Indonesia.

Pengangkatan Pandu sebagai komisaris BEI diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, Selasa, 30 Juni 2020.

Dalam RUPST itu, para pemegang saham menunjuk tiga komisaris baru salah satunya Pandu Patria Sjahrir. Dua nama lainnya yakni Heru Handayanto dan Karman Pamurahardjo.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan Pandu Patria Sjahrir mewakili perusahaan tercatat.

Adapun susunan Dewan Komisaris masa jabatan 2020-2023 terpilih dalam RUPST tersebut yakni John A. Prasetio
sebagai komisaris utama, Mohammad Noor Rachman Soejoeti, Heru Handayanto, Karman Pamurahardjo dan Pandu Patria Sjahrir sebagai komisaris.

Pandu adalah putra pasangan ekonom Sjahrir dan Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir, adik Luhut. Selain keponakan Luhut, Pandu merupakan Direktur PT Toba Bara Sejahtra Tbk.

Sebelumnya, adik ipar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ahmad Perwira Mulia Tarigan, yang didapuk menjadi komisaris di perusahaan pelat.

Ahmad Perwira Mulia Tarigan adalah suami dari adik kandung Sri Mulyani yang bernama Sri Wahyuni. Dan Ahmad Perwira Mulia Tarigan saat ini juga berprofesi sebagai staf pengajar di Universitas Sumatera Utara (USU).

Ahmad Perwira diangkat Kementerian BUMN sebagai komisaris Pelindo I. Ia menjabat sebagai komisaris independen sejak 20 April 2020  berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Nomor. SK-123/MBU/04/2020.

Selain Ahmad Perwira ada pula kakak dan adik kandung Sri Mulyani yang diangkat sebagai komisaris. Mereka ialah Nanang Untung kakak kandung SMI yang diangkat sebagai komisaris Pertamina Sub Holding Hulu Energi (PHE). Lalu juga ada Sri Harsi Teteki adik kandung yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran, Penelitian dan Pengembangan I Biofarma.

Pengangkatan keluarga pejabat sebagai petinggi di BUMN salah satu masalah yang disorot belakangan ini. Masalah lainnya yakni rangkap jabatan, pengangkatan politisi pendukung pemerintah dan perwira aktif TNI-Polri sebagai komisaris.[]

Top