Beredar Kabar

Buronan Korupsi Djoko Tjandra Ditangkap

Buronan Korupsi Djoko Tjandra Ditangkap
Djoko Tjandra/Net

KATTA - Beredar kabar buronan Kejaksaan Agung, Djoko Sugiarto Tjandra, ditangkap. Kabar itu beredar di kalangan terbatas, Sabtu (27/6/2020) malam.

Djoko Tjandra merupakan terpidana dua tahun penjara kasus tindak pidana korupsi cessie atau pengalihan piutang antara Bank Bali dan Bank Tiara. Ia divonis menyalahgunakan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dalam kasus yang bergulir sejak tahun 1999 tersebut.

Pengadilan memutuskan tindak korupsi yang dilakukan Djoko Tjandra merugikan negara Rp 904 miliar.

Selain dua tahun penjara, pada tingkat Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung (MA), Djoko Tjandra dihukum membayar denda Rp 15 juta subsider tiga bulan penjara. Kemudian, MA juga memutuskan merampas dana di Bank Bali sebesar Rp 546 miliar untuk negara.

Namun, sehari sebelum pembacaan putusan itu, tepatnya pada 2009, Djoko kabur ke luar negeri. Djoko kemudian diketahui telah pindah kewarganegaraan ke Papua Nugini pada Juni 2012. Belakangan dikabarkan Djoko juga berpindah ke Singapura.

Kabarnya, Djoko Tjandra saat ini tengah dalam perjalanan bersama tim yang melakukan penangkapan ke Jakarta. Djoko Tjandra dibawa dengan menggunakan pesawat carteran dan akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah.

Terkait kabar penangkapan Djoko Tjandra, redaksi telah meminta konfirmasi kepada Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono. Konfirmasi akan disampaikan pada berita terpisah.[]

Top