Ternyata Polisi Usut Kasus Sukmawati Soekarnoputri

Sekjen GNPF Ulama Siap Hadir Beri Keterangan

Ternyata Polisi Usut Kasus Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekanoputri/Net

KATTA - Pihak kepolisian diam-diam mendalami kasus dugaan penistaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri. Rabu besok, penyelidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan meminta keterangan Sekjen Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Ustadz Edy Mulyadi.

Ustadz Edy akan dimintai keterangan sebagai saksi pelapor. Dalam surat panggilan yang dilayangkan Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ustadz Edy diminta menghadap penyelidik di ruang Unit V Subditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya pukul 14.00 WIB.

Permintaan keterangan terhadap Ustadz Edy merujuk Surat Perintah Penyelidikan Nomor: SP.Lidik/179/I/2020/Ditreskrimum, tanggal 15 Januari 2020

Dikonfirmasi, Ustadz Edy memastikan akan memenuhi panggilan tersebut.

"Insya Allah hadir," kata Ustadz Edy Mulyadi kepada KATTA sesaat lalu, Selasa (21/1/2020).

"Rencana didampingi tim lawyer GNPF. Insya Allah," tambah dia.

Diketahui, Ustadz Edy Mulyadi melaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke kepolisian pada 21 November 2019 dengan tuduhan melakukan penistaan agama karena membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Presiden Sukarno dalam pidatonya di sebuah forum anak muda.

Laporan terdaftar dengan nomor LP/B/0911/XI/2019/BARESKRIM dengan tuduhan melanggar Pasal 156a Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 KUHP. Saat membuat laporan, Ustadz Edy menyerahkan sejumlah alat bukti di antaranya salinan video dan artikel yang memuat pernyataan Sukmawati.

Ia menilai penyataan Sukmawati yang membandingkan Nabi dengan Sukarno melukai banyak hati umat muslim. Pernyataannya itu, kata dia, lebih buruk dari apa yang pernah dilontarkan eks Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

"Ada dua hal sebetulnya pertamanya bagus mana Alquran atau Pancasila gitu kan. Kedua adalah dia membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan bapaknya Ir Sukarno. Dua hal itu kita nilai penistaan dan penodaan agama," ujar Ustadz Edy saat melaporkan Sukmawati.[]

Top