Di Kasus Jiwasraya, KPK Cuma Kebagian Titipan Tahanan 2 Tersangka

Di Kasus Jiwasraya, KPK Cuma Kebagian Titipan Tahanan 2 Tersangka
Foto/net

KATTA -  Dua tersangka kasus dugaan megakorupsi PT Jiwasraya dititipkan ke rumah tahanan milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Kedua tersangka yang dititipkan Kejaksaan Agung (kejagung) itu yakni, mantan Direktur Utama PT Jiwasraya, Hendrisman Rahim (HR) dan Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro (BT).

"KPK hari ini juga menerima titipan tahanan dari Kejaksaan Agung terkait dengan perkara Jiwasraya atas nama tersangka BT dan HR," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Ali menuturkan, kedua tersangka itu akan diletakan terpisah. Benny Tjokrosaputro akan ditahan di rumah tahanan (Rutan) K4 cabang KPK yang berlokasi tepat di belakang gedung merah putih KPK. Sementara itu, Hendrisman Rahim akan ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan pihaknya tidak akan mengambil alih penanganan kasus korupsi yang disinyalir merugikan negara hingga Rp13,7 triliun. 

Baca: KPK Pilih Tak Ambil Alih Kasus Megakorupsi Jiwasraya dari Kejagung

Sebaliknya KPK kini hanya kebagian dititipkan tahanan saja.

Mengenai hal tersebut, Ali menjawab normatif bahwa penitipan tahanan ini merupakan bagian dari koordinasi dan supervisi antara KPK dan Kejaksaan Agung. 

"Ini bagian dari koordinasi dan sinergi antara aparat penegak hukum dalam hal ini adalah KPK dengan Kejaksaan Agung untuk mendukung pelaksanaan dari tugas masing-masing," kata dia.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menahan lima orang tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya untuk 20 hari ke depan. Kelima tersangka ini ditempatkan di tahanan yang berbeda-beda.

Mereka adalah Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo. Kemudian mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan. []

Top