DKP Maluku Minta Menteri Edhy Rehabilitasi Empat Pabrik Es di Buru dan Malteng

DKP Maluku Minta Menteri Edhy Rehabilitasi Empat Pabrik Es di Buru dan Malteng
Foto: Antara

KATTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan pimpinan Edhy Prabowo diharapkan dapat merehabilitasi empat unit pabrik es di Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

"Kami juga meminta bantuan cold storage yang akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk perikanan laut," kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Malku, Abdul Haris Anwar di Ambon, Selasa (14/1/2020).

Penjelasan Abdul Haris disampaikan dalam rapat kerja dengan pimpinan dan anggota DPRD Maluku yang dipimpin Saodah Tethol.

Menurut dia, bantuan cold storage untuk mempertahankan kesegaran berbagai jenis produk perikanan yang dihasilkan para nelayan.

DKP Maluku juga berharap ada bantuan cold box, freezer, kendaraan pendingin dan tambatan perahu.

Dikatakan, DKP Maluku mengusulkan sejumlah program kepada pemerintah di tingkat pusat lewat seluruh direktorat jenderal yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Berbagai program yang diusulkan tersebut merupakan rekomendasi dari Gubernur Maluku, Murad Ismail," ujarnya.

Program ini antara lain mencakup pemberdayaan masyarakat melalui bantuan pancing tonda, pengadaan kapal penangkap ikan, pengembangan dan pelatihan perikanan, serta fasilitas asuransi bagi nelayan.

"Ada juga program-program yang lain seperti, budi daya ikan lele, kebun rumput laut, benih ikan, bibit rumput laut, kapal pengawas dan kelompok pengawas yang terdiri dari nelayan sendiri," katanya. [Sam/Antara]

Top