Dirjen Imigrasi Susun Rencana Pulangkan Politisi PDIP ke Indonesia

 Dirjen Imigrasi Susun Rencana Pulangkan Politisi PDIP ke Indonesia
Dirjen Imigrasi Ronny Sompie/net

KATTA - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie mengatakan adanya surat permintaan pencegahan ke luar negeri terhadap Harun Masiku yang dikirim oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, akan memudahkan pemulangan kader PDIP itu ke Indonesia.

"Surat permintaan atau surat perintah untuk pencegahan ini bisa berfungsi untuk memudahkan (pemulangan) WNI yang dinyatakan dicegah ke luar negeri itu," kata Ronny di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat permintaan pencegahan ke luar negeri dari KPK untuk Harun Masiku (HAR), tersangka suap terkait dengan penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI dari Fraksi PDIP periode 2019—2024.

Arvin menyebut adanya surat permintaan pencekalan itu dapat digunakan untuk mendeteksi kepulangan Harun dari luar negeri.

Ronny mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memulangkan Harun Masiku ke Tanah Air.

Namun, dia enggan membocorkan langkah apa yang akan dilakukan untuk menyeret pulang mantan calon anggota DPR RI dari PDIP asal Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I itu.

"Bagaimana proses dan taktiknya? Tentu itu menjadi sebuah informasi yang dikecualikan, dan nanti kami akan informasikan lebih lanjut," ujar Ronny.

Akan tetapi, menurut dia, yang jelas kalau untuk memulangkan yang bersangkutan ada kerja sama lintas instansi, lintas kementerian, lembaga, atau tidak hanya Imigrasi.

"Bisa kepolisian melalui jalur Interpol, ada red notice yang bisa digunakan juga. Hal itu semua prosesnya itu dikerjasamakan," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencatat Harun telah keluar Indonesia menuju Singapura pada hari Senin (6/1) melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB.[]

Top