Facebook Luncurkan Fitur Transfer Foto ke Google Photos

Facebook Luncurkan Fitur Transfer Foto ke Google Photos
Ilustrasi/Net

KATTA - Facebook Inc. meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna mentransfer foto dan video dengan bebas ke penyedia layanan penyimpanan. Fitur baru yang diluncurkan pada Senin 2 Desember 2019 ini menjadi bagian apa yang disebut Facebook sebagai "inovasi dalam portabilitas data".

Facebook mengatakan untuk saat ini fitur baru itu hanya tersedia bagi penggunanya di Irlandia, lokasi kantor pusat internasional Facebook. Fitur baru bisa dinikmati pengguna di negara dan wilayah lain di seluruh dunia pada paruh pertama tahun 2020.

"Fitur itu berbasis kode yang dikembangkan lewat partisipasi kami dalam DTP (Data Transfer Project) sumber terbuka (open source)," kata Steve Satterfield, Direktur Kebijakan Publik dan Privasi Facebook seperti dilansir Xinhua.

Ia mengatakan selama hampir satu dasawarsa pihaknya telah memungkinkan pengguna untuk mengunduh informasi mereka dari Facebook.

DTP, yang diluncurkan tahun lalu, didukung oleh sejumlah raksasa teknologi utama seperti Apple, Google, Microsoft, Twitter, dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Google Photos akan menjadi platform penyimpanan pertama tempat para pengguna Facebook dapat membagikan atau mem-backup video dan foto mereka antara Facebook dan Google.

Raksasa jejaring sosial itu menjamin bahwa semua data yang ditransfer akan dienkripsi dan pengguna akan diminta memasukkan kata sandi sebelum proses pemindahan dimulai.

Facebook menyebutkan pihaknya masih menguji fitur tersebut dan meningkatkan fungsionalitasnya berdasarkan umpan balik dari pengguna.

"Kami ingin membangun solusi portabilitas praktis yang dapat dipercaya dan digunakan secara efektif," demikian kata Satterfield.[]

Top