Buku Kehidupan Viktor Bangtilu Laiskodat (II)

Buku Kehidupan Viktor Bangtilu Laiskodat (II)
Foto/Net

JALAN hidup seseorang banyak warna dan liku, diiringi tangis dan bahagia. Tertawa dan menangis. Bahkan mencoba dengan risiko salah yang tidak bisa diketahui akan datang. Bisa jadi mendapat untung atau malah rugi tiada ampun.

Ini bisa terjadi pada kita, juga Viktor Laiskodat. Penelusuran di Ibokota membawa anak kampung dari NTT itu untuk bisa terus mangais rezeki. Tidak pernah memilah apa yang ideal dikerjakan. Yang penting bisa dikerjakan dan menghasilkan uang untuk bertahan hidup.

Adalah menjadi pemulung yang dialami oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang diceritakan pada anak jalanan dan pemulung di NTT (5/1/2019) dalam sebuah acara Natal bersama anak jalanan dan pemulung yang diselenggarakan oleh Yayasan Nusa Bunga Abadi.

Sebagai pemulung Viktor belajar memperjuangan potensi diri untuk bisa bersaing hidup di Jakarta. Waktu itu dia terbiasa kerja dorong gerobak yang harus bersaing dengan orang Madura yang punya kekuatan satu kali dorong, saat yang sama Viktor harus empat sampai lima kali.

Tapi itu dia lakukan sambil berlari, karena dengan tubuh besa dan kuat yang berbeda dengan badan Madura yang mungil. Viktor merasakan setiap individu punya kelebihan sekaligus.

Dalam lingkungan serba sulit yang menicayakan Viktor harus terus berjuang tidak menyisakan sedikit pun ruang untuk bersenang-senang. Tapi dengan itu dirinya lebih bisa berjuang dan tidak terlena dengan limpahan kesenangan materi.

Pesan moralnya yang hingga terpatri dalam diri Viktor adalah tidak bisa menanggalkan perhatiannya pada kaum marginal. Sangat terlihat ketika Viktor bercengkrama dengan anak jalanan dan pemulung ketika dia undang ke DPR tempat dia bekerja pada 5 Januari 2019 itu.

Sukses menjadi pemulung tidak membuat Viktor puas diri. Dia harus mencari peruntungan lain yang lebih menjanjikan. Akhirnya dia dipercaya menjadi penagih hutang di salah satu bank di Jakarta.

Lewat tangan dingin Viktor semua pekerjaan itu bisa dilalui dengan sukses sampai langsung diangkat jadi direktu bank. Seorang yang langsung bisa bekerja diangkat sebagai direktur tanpa pernah mencicipi jadi seorang manager.

Sekarang Viktor adalah seorang Gubernur NTT, yang punya rekam jejak tidak seperti kolega lainnya. Mantan pemulung dan penagih yang dipercaya oleh rakyat NTT untuk lebih maju ke depan.

Baca: Buku Kehidupan Viktor Bangtilu Laiskodat (I)

Patut disyukuri oleh dirinya, saya dan juga Anda. Menjalani hidup apa adanya bukan satu hal yang sulit dan juga mustahil untuk melahirkan karya besar. Yang penting berani untuk tanggung jawab pada diri sendiri, pasti bisa menjalani tanggung jawab atas amanah lebih besa.

Jangan pernah berfikir untuk menghakimi anugrah Tuhan untuk bisa bekarja. Terus berkarya dan peduli pada sesama terutama yang secara sosial, ekonomi dan politik harus diperjuangkan.

Selamat menjadi apa saja![***]

Top